Rabu, 15 Januari 2014

Dahsyaaaat,2013 penjualan suzuki naik drastis

LUUAARRR BIIAASSAAAA,,itulah kata yang sekarang selalu diucap oleh suzuki,karena PT. Suzuki Indomobil Sales berhasil mencatatkan prestasi yang luar biasa sepanjang tahun 2013 yang lalu dalam industri otomotif dalam negeri. sekitar 164.000 unit kendaraan bermotor roda empat yang diproduksi oleh manufaktur asal Jepang ini telah berganti kepemilikan ketangan para konsumennya melaui dealer resmi mereka yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.pencapaian ini sangat memuaskan pt.suzuki,karena terbukti menjadi pabrikan mobil yang laris dimasyarakat.
Lalu bagaimana dengan market shale dari seluruh merk mobil...???
Berdasarkan data yang diperoleh,suzuki menempati urutan ketiga dalam hal total whole sales nasional sepanjang 12 bulan atau naik satu peringkat dari 2012 lalu yang berada diposisi empat besar. Jumlah tersebut juga menjadikan Suzuki sebagai pemegang 13,3 persen market share dari seluruh unit mobil yang terjual sepanjang tahun lalu yang menurut data Gaikindo telah menembus angka 1.225 juta unit.data ini cukup memuaskan selurih pabrikan mobil di indonesia.
Bukan cuma itu,pabrikan berlambang S ini juga tercatat sangat hebat karena sempat beberapa kali menembus peringkat dua pada bursa automotive yang dicapai pada bulan February lalu dengan keberhasilan pemasaran sebanyak 14.909 buah kendaraan dan diikuti pada bulan Juli dengan total unit yang terjual mencapai 16.905 untuk retail serta 16.838 total sales.
Tingkat pertumbuhan pemasaran pada tahun 2013 juga menunjukan grafik peningkatan yang cukup signifikan dan konsisten dalam lima tahun terakhir ini ,berdasarkan data tahun 2009 terjual 44.869 unit,tahun 2010 meningkat 57,17 persen menjadi 71.120 unit dan di 2011 meningkat lagi 94.569 unit. Secara keseluruhan,lonjakan terbesar terjadi pada 2012 dimana penjualan mobil Suzuki 126,557 buah atau 11,3 persen dari seluruh pasar yang tersedia pada waktu itu.
Mobil jenis apakah yang paling ramai???
Terjadinya lonjakan yang sangat signifikan itu sangat dipengaruhi dengan kehadiran produk Multi Purpose Vehicle milik suzuki yang merupakan pengembangan dari prototype milik Maruti yaitu Suzuki R3 pada bulan April 2012. Hadirnya mobil keluarga serbaguna yang diberi nama Ertiga ini berasal dari penyebutan masyarakat Indonesia R dan tiga yang menjadi model konsepnya tersebut segera mendapat antusiasme luar biasa dari penggemar otomotif dari sabang hingga merauke.
Kendati datang sebagai pendatang baru dikelas mobil yang paling prestisius dengan tingkat persaingan yang paling ketat tak membuat SIS kehilangan nyali dalam memasarkan calon flagship terbaru mereka tersebut. Dengan penerapan strategi yang jitu dan cukup revelusioner kala itu, sang real three row ini justru berhasil menjadi produk kendaraan paling fenomenal sepanjang tahun 2012 lalu. Hal tersebut dibuktikan dengan respons positif yang diberikan oleh masyarakat serta berbagai penghargaan yang diperoleh dari sejumlah media maupun pengamat otomotif di tanah air.
Dengan banyaknya jenis kendaraan yang beredar di indonesia,tapi Pasar MPV sampai sekarang memang masih menjadi incaran para manufaktur maupun APM yang ada di Indonesia untuk memasarkan line up unggulannya masing masing. Dan memang segment ini masih menjadi segmentasi terbesar dan terfavorit dalam percaturan bisnis automobile lokal jauh mengungguli segment lain seperti citycar maupun SUV dengan merajai nyaris separuh dari total penjualan unit kendaraan bermotor setiap tahunnya.beberapa alasan banyak di kemukakan masyarakat untuk memilih kendaraan jenis ini,rata2 mereka punya alasan karena kendaraan jenis ini nyaman dikendarai dan harga yang relatif murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar